Batman Begins - Diagonal Resize 2 -->

Tuesday, March 10, 2015

DEMOKRASI DAN HAK ASASI MANUSIA

Artikel kali ini saya ingin menuliskan mengenai Demokrasi dan Hak Asasi Manusia



DEMOKRASI DAN HAK ASASI MANUSIA





Pengertian Demokrasi 

Demokrasi adalah  bentuk atau mekanisme sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat (kekuasaan warganegara) atas negara untuk dijalankan oleh pemerintah negara tersebut. Kedaulatan disini bukan hanya sekedar pemilihan Presiden dan juga anggota parlemen secara langsung tetapi dalam arti yang lebih luas.

Demokrasi yang dianut di Indonesia yaitu demokrasi berdasarkan Pancasila secara eksplisit 2 prinsip alam penjelasan mengenai system pemerintah Negara, yaitu:
-         Indonesia ialah Negara yang berdasarkan atas hokum (Rechstaat)Negara Indonesia berdasarkan atas hukum(Rechstaat),tidak berdasarkan kekuasaan belaka (Machhstaat).
-          SistemKonstitusional Pemerintah berdasarkan atas Sistem Konstitusi(Hukum Dasar), tidak bersifat absolutetime(kekuasaan yang tidakterbatas)

Pengertian Hak Asasi Manusia
Hak asasi manusia adalah hak-hak dasar yang dimiliki oleh manusia sesuai dengan kodratnya. Hak Asasi Manusia meliputi hak hidup, hak kemerdekaan atau kebebasan, hak milik, dan hak-hak dasar lain yang melekat pada diri pribadi manusia dan tidak dapat diganggu gugat oleh orang lain.

Contoh Kasus Hak Asasi Manusia Dalam Demokrasi
Penculikan Aktivis 1997/1998
Salah satu kasus pelanggaran HAM di Indonesia yaitu kasus penculikan aktivis 1997/1998. Kasus penculikan dan penghilangan secara paksa para aktivis pro-demokrasi, sekitar 23 aktivis pro-demokrasi diculik. Peristiwa ini terjadi menjelang pelaksanaan PEMILU 1997 dan Sidang Umum MPR 1998. Kebanyakan aktivis yang diculik disiksa dan menghilang, meskipun ada satu yang terbunuh. 9 aktivis dilepaskan dan 13 aktivis lainnya masih belum diketahui keberadaannya sampai kini. Banyak orang berpendapat bahwa mereka diculik dan disiksa oleh para anggota militer/TNI. Kasus ini pernah ditangani oleh komisi HAM.

http://panjipluembond.blogspot.com/2012/11/contoh-kasus-kasus-pelanggaran-ham-di.html




Mohon maaf apabila ada salah kata dalam pengetikan artikel di atas
mohon kritik dan saran Terima kasih

No comments:

Post a Comment